Membuat Background Picture di Folder Atau Drive

Untuk membuat background Picture atau gambar latar belakang didalam folder atau Drive,
Lakukan Langkah-langkah sebagai berikut:

1.Buka Program NotePad yang tersedia pada windows, Caranya Klik tombol Start >All Programs >Accessories >NotePad. Ketik atau Copy Paste kedalam NotePad Script atau Text Berikut:

[.ShellClassInfo]
[{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}]
IconArea_Image=D:\Pacarku.JPG

2.klik File >Save as dengan Save In/Simpan kedalam Folder yang akan kita buat Backgound Picture, Saya ambil Contoh ke Folder Dataku. Trus File Namenya ketik Desktop.ini dan Save As Typenya Pilih All Files.
Trus Klik Save. Maka File Desktop.ini yang baru saja kita buat akan tersimpan didalam Folder dataku.

3.Langkah Selanjutnya adalah mengubah Folder dataku sebagai folder System dengan menggunakan fungsi attrib, caranya masuk kedalam command Prompt, Klik tombol Start >Run >Trus Ketik cmd lalu tekan enter, maka akan masuk ke jendela Command prompt. Ketik didalam command prompt sebagai berikut:

Attrib +s “D:\Dataku” /d /s

Lalu tekan enter maka folder dataku attributnya sudah berubah sebagai folder System.
Buka folder Dataku maka otomatis sudah terdapat Background Picture atau gambar latar belakang Pacarku.jpg.

Contoh tersebut diatas saya asumsikan dengan file gambar Pacarku.jpg yang tersimpan atau berada di drive (D:) dan Folder Dataku juga berada di drive (D:), anda dapat mengganti text/script untuk membuat file desktop.ini sesuai dengan lokasi file dan folder serta nama file gambar yang ada.

Jika ingin membuat background picture didalam folder My Documents atau didalam Drive, fungsi attrib tidak perlu digunakan lagi karena folder My Documents attributnya sudah merupakan Folder System. Begitu juga dengan Drive.
Membuat Background Picture di dalam Flash Disk juga bisa dilakukan dengan syarat File gambar berada di Flash Disk juga. Simpan File Desktop.ini yang dibuat kedalam flash Disk diluar folder. Ganti text IconArea_Image=Pacarku.JPG artinya gambar Pacarku berada didalam Flash Disk diluar Folder.

Cara membuat background picture seperti ini tidak bisa digunakan untuk mengubah background picture desktop atau didalam folder Desktop karena system yang digunakan berbeda.
Cara ini hanya digunakan untuk membuat Background Picture di dalam drive atau Folder.

Untuk yang malas membuat Background Picture dengan cara ini, anda dapat menggunakan software yang namanya Background Picture Creator. dengan aplikasi ini selain mudah memilih folder atau drive dan memilih gambar yang akan dijadikan background, anda juga dapat memilih warna text windows sesuai dengan keinginan. Pilih ukuran file gambar yang sesuai untuk dijadikan background. Size yang terbaik sekitar 800 x 600 pixels.
jika sudah bosan anda juga dapat menghapus atau mengganti background picture dengan mudah. Refresh windows dengan cara klik kanan mouse trus pilih Refresh.

4 Tanggapan to “Membuat Background Picture di Folder Atau Drive”

  1. Wei….
    Keren……
    Tp aku pernah tahu ada freeware yg fungsinya sama kaya yg dijelasin.
    Thx_

  2. Woi!
    Cranya kurang bagus n cm bisa background aja.
    ada software yang lebih bagus n lbh komplit ga cm buat background aja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: